Pentingnya Kecakapan Menulis Bahasa Inggris di Dunia Kerja

Pentingnya Kecakapan Menulis Bahasa Inggris di Dunia Kerja

Pentingnya Kecakapan Menulis Bahasa Inggris di Dunia Kerja kini menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki oleh para pekerja profesional. Sudahkah anda mempersiapkannya? 

Pentingnya Kecakapan Menulis Bahasa Inggris
Pentingnya Kecakapan Menulis Bahasa Inggris

Pentingnya Kecakapan Menulis Bahasa Inggris di Dunia Kerja

Pentingnya kecakapan menulis bahasa Inggris di dunia kerja memang sudah tidak bisa dipungkiri oleh siapapun, bukan hanya para pekerja profesional namun juga wirausahawan. Bahasa yang sudah disepakati sebagai bahasa internasional oleh PBB (Persatuan Bangsa Bangsa) sejak tahun 1940an ini merupakan syarat mutlak yang harus miliki karyawan/i.

Sekarang ini kita hidup di era serba cepat dan tanpa batas. Di era globalisasi kini persaingan di segala sector semakin kuat dan berskala lebih luas. Munculnya AFTA, Free market, OPEC dan semacamnya merupakan konsekuensi logis yang harus dihadapi. Untuk menjaga roda perekonomian tetap bergerak, maka tak jarang hubungan kerja sama antar perusahaan bahkan antar negara dilakukan. Saat kerja sama terjalin, tentu tiap pihak membutuhkan alat komunikasi yang bisa menyamakan persepsi ketika berkolaborasi dalam mencapai target bersama.

Dalam konteks kekinian, hampir semua perusahaan besar yang sedang membuka peluang kerja menjadikan bahasa Inggris sebagai bagian dari persyaratan yang harus dimiliki calon karyawan/i mereka. Alhasil, para job hunter suka atau tidak harus memenuhinya. Bagi mereka yang belum bahkan tidak memiliki kecakapan berbahasa Inggris terpaksa harus rela kehilangan kesempatan mendapatkan posisi yang mereka inginkan di perusahaan tersebut.

Sebelum memutuskan untuk melamar kerja di perusahaan yang ditargetkan, dahulu orang hanya fokus pada kemampuan oral bahasa Inggris untuk menghadapi interview. Namun sekarang tidaklah demikian. Saat ini para karyawan/i di sebuah perusahaan diwajibkan memiliki kemampuan bahasa Inggris dalam bentuk pasif dan aktif. Bukan hanya memiliki speaking skill, dalam dunia kerja para pekerja juga harus memiliki kemampuan menulis (writing skill). Skill ini memang mereka sangat perlukan. untuk membuat laporan misalnya.

Proses Seleksi, Menulis Bahasa Inggris Diuji

Kemampuan menulis adalah hal yang harus dihadapi oleh para pelamar kerja dalam proses penyeleksian saat tes kemampuan bahasa Inggris di dunia kerja. Mereka yang masih menganut mazhab lama (menganggap hanya speaking skill yang dibutuhkan) tentang bahasa Inggris pasti akan tersisih.

Skill ini memiliki teori dan strukturnya sendiri. Skill ini merupakan salah satu kepacakapn yang dibutuhkan untuk konteks dunia kerja. Secara kaidah, mengkomposisi ide dalam tulisan harus menggunakan standar baku/formal. Maka tak sedikit juga perusahaan berskala internasional meminta lampiran sertifikat bahasa Inggris untuk kerja (TOEIC/IELTS) kepada calon karyawan/i mereka.

Ketika para pelamar memiliki writing skill yang bagus, maka kemungkinan besar mereka akan diterima oleh pihak perusahaan. Kecakapan menulis dalam bahasa Inggris bisa kita asah mulai dari pembiasaan. Selama ada kemauan, kita bisa mulai mempelajarinya dari memahami teori dan mempraktikkannya secara bertahap. 

Sebab itu, mari kita belajar bahasa Inggris secara komprehensif sejak dini jika ingin menjadi pekerja profesional atau pebisnis sukses berdaya saing global. Tidak perlu pesimis. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Ada perkataan dalam bahasa Inggris “Better late than never” yang artinya lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.

Baca juga kenapa bahasa inggris menjadi penting untuk kerja

Berbagi dengan Teman

Leave a Reply

HUBUNGI KAMI

HUBUNGI KAMI

 

VERIFIKASI PESAN ANDA

WhatsApp chat